Bagian Produksi

Mengenal Dunia Pembuatan Handuk

Mengenal Dunia Pembuatan Handuk

Di dunia ini siapa yang tidak membutuhkan handuk dalam aktifitas kesehariannya. Handuk merupakan kebutuhan serba guna. Kapan pun selalu dibutuhkan. Handuk yang baik selain memiliki aspek klinis dan higienis serta kombinasi warna yang sesuai suasana hati pengguna, juga harus memiliki kelembutan, kenyamanan dan daya serap air yang baik sehingga dapat mengeringkan badan secara maksimal. Aspek ini didapat dari bahan baku yang digunakan dalam prose produksi handuk.

Pada handuk-handuk tertentu biasanya menggunakan bahan dasar benang dari 100 % serat alami yaitu kapas/cotton dengan jenis Cotton Carded atau Cotton Combed. Perbedaan dari 2 jenis benang cotton tersebut yaitu dalam proses produksi di pabrik pemintalan, yaitu :

Cotton Carded

Seperti namanya, Cotton Carded diproduksi dengan menggunakan mesin carding dimana serat kapas diatur arah seratnya sehingga memiliki arah yang sama, namun dalam tahap ini, benang yang dihasikan masih berbulu karena memiliki serat-serat kapas yang pendek dan harus melalui proses tambahan.

Cotton Combed

Untuk menghilangkan bulu-bulu atau serat-serat pendek pada benang, proses dari Carding dilanjutkan ke proses Combing dimana di mesin ini serat-serat pendek yang belum dibuang secara optimal di mesin sebelumya dibuang sehingga menghasilkan  benang yang halus, lembut dan memilili strength yang kuat. Karena melalui setidaknya 2 tahap proses produksi, harga benang combed ini lebih mahal dari benang carded, namun handuk yang berbahan dasar benang cotton combed akan lebih bagus, lembut dan berkualitas tinggi.
Dalam proses pembuatan handuk dikenal sebuah alat/mesin yang berfungsi sebagai penenun benang (Mesin Tenun), dihampir banyak pabrik pembuatan handuk proses pembuatan handuk menggunakan Mesin Jaquard .
Mesin ini ditemukan oleh Josep Marie Jacquard sekitar tahun 1793 di Perancis, mesin jacquard itu sendiri adalah mesin tenun yang dilengkapi lembaran kartu-kartu berlubang atau dikenal dengan istilah Punch Card yang berfungsi untuk mengontrol helai demi helai benang lusi. Cara kerjanya, dengan sistem tertentu bagian yang berlubang berfungsi untuk mengankat benang seperti yang kita lihat pada permukaan handuk yang berbentuk loop-loop benang, sebaliknya, bagian kartu yang tidak berlubang secara mekanik bisa diterjemahkan sebagai kode untuk tidak mengangkat benang lusi. Secara garis besar Punch Card berfungsi untuk mengatur benang lusi kapan untuk naik dan kapan turun.
Dalam proses pembuatan handuk , peran punch card ini sangat dominan karena mekanisme kerja yang dihasilkannya akan dapat membentuk corak atau motif handuk yang diinginkan. Gambar atau motif yang kita temui pada handuk adalah konfigurasi warna benang lusi yang diatur sedemikian rupa hingga membentuk gambar, punch card inilah yang berfungsi mengatur konfigurasi warna benang lusi tersebut.
Bagian Produksi

Mengenal Dunia Pembuatan Handuk

Dengan mengenal bahan baku kain pembuatan handuk. Kita menjadi semakin mengerti kenapa handuk dibutuhkan setiap hari. Bahan dasar kain pembuatan handuk memang dibuat khusus agar nyaman dan aman langsung bersentuhan dengan kulit. Yuk mengenal lebih jauh produk-produk handuk dari www.spreilinen.com Mengenal dunia pembuatan handuk lebih mudah dengan menggunakan handuk dari www.spreilinen.com

Untuk melakukan pemesanan produk www.spreilinen.com silakan hubungi kami di:
Alamat workshop: Perumda Belang Wetan no.35 Klaten Utara
SMS / WA : 0878 3697 8728
PIN BB : 53518EF2