Cara Membersihkan Kain Linen

Sebelum membahas tentang Cara Membersihkan Kain Linen, kami akan menjelaskan apakah itu kain linen ?

PENGERTIAN KAIN LINEN

Kain linen adalah kain tertua yang diyakini ada sejak 5000 tahun. Mesir menganggap linen sebagai kain untuk bangsawan. Sifat linen adalah elegan, lembut disentuh, tahan lama, dan semua alami. Linen tidak menyebabkan alergi, malah bisa membantu beberapa kondisi alergi dan inflamasi.

Kain linen terbuat dari rami sehingga tampak berkilau sangat menyerap dan tahan terhadap bakteri dan jamur.

Proses mengubah serat rami menjadi kain sangat mirip dengan proses yang digunakan untuk manufaktur dari rami linen. Perbedaan utama antara rami dan kain sesuai dengan Klub Linen, merek kain Tekstil Jayashree, anak perusahaan dari Aditya Birla Nuvo adalah: rami akan lebih keras setelah mencuci setiap dan menyebabkan gatal-gatal kulit sedangkan kain linen akan lebih lembut setelah mencuci setiap dan santai dan menenangkan

Kain linen biasa ditemui pada benda – benda rumah tangga, seperti sprei, sarung bantal, handuk, lap meja, taplak meja, dan sebagainya. Kain linen biasanya terbuat dari kapas, baik asli maupun sintetis. Kain linen merupakan benda yang mudah menyerap dan sangat sering terkena noda, entah itu noda makanan seperti kuah santan dan minyak, atau bahkan noda minuman seperti wine atau kopi.

Namun sebelum membersihkan kain linen, perhatikan terlebih dahulu jenisnya karena ada dua jenis kain linen yang biasa kita temui, yakni kain linen yang bisa dicuci (washable linen) dan kain linen yang tidak bisa dicuci (non-washable linen). Kain linen yang bisa dicuci biasanya ditandai dengan permukaan yang lebih lentur, terdapat benang – benang kusut di permukaannya (seperti yang biasa kita temui pada handuk). Sementara kain linen yang tidak dapat dicuci cenderung lebih kaku dan permukaan yang rata.

Cara Membersihkan Kain Linen

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBERSIHKAN KAIN LINEN

Dalam membersihkan kain linen ini, kadang kita perlu memperhatikan jenis noda yang menempel. Sebab, jenis noda tertentu membutuhkan metode dan treatment tertentu, seperti yang dijabarkan berikut ini.

1. Membersihkan kain linen yang terkena noda darah

Noda darah yang masih segar dan masih menempel pada kain linen bisa dihilangkan dengan memaparkannya di bawah aliran air yang mengalir, asalkan tekanan airnya cukup kuat. Untuk noda darah yang kering, kain linen mesti direndam dalam air hangat terlebih dahulu, kemudian cuci dengan deterjen seperti biasa.

2. Membersihkan kain linen yang terkena noda kopi

Kain lap yang ada di meja makan bisa saja terkena tumpahan kopi yang akan meninggalkan noda. Cara membersihkannya yakni dengan membersihkan cairan kopi, kemudian semprotkan stain remover pada bagian yang terdapat jejak noda, setelah itu cuci dengan air dingin dan keringkan. Khusus untuk noda kopi yang terlalu lama didiamkan, hal tersebut bisa dihilangkan dengan merendam kain pada baking soda.

3. Membersihkan kain linen dari noda wine

Noda wine yang menempel pada kain linen bisa dibersihkan dengan menaburkan garam di atasnya sehingga noda sedikit memudar. Setelah itu, cuci seperti biasa dengan air dingin. Khusus untuk noda wine yang telah mengering, Anda bisa menyemprotkan air soda pada noda, biarkan noda tersebut terkelupas, lalu cuci dengan air.

4. Membersihkan kain linen dari noda cokelat

Noda cokelat tak jarang juga menempel pada kain linen. Cokelat tergolong benda padat, maka biasanya noda cokelat pun masih menyisakan serbuk – serbuk padat yang susah dibersihkan. Untuk itu, bersihkan kotoran – kotoran padat tersebut dengan cara mengikisnya perlahan. Kemudian, cuci kain dengan air soda, sikat sedikit, lalu rendam dalam air hangat. Khusus untuk noda cokelat yang sudah mengering dan terlalu lama, Anda bisa menggunakan ammonia atau deterjen pada bagian yang terkena noda, lalu sikat sedikit. Bilas dengan air biasa.

5. Membersihkan kain linen dari noda candle wax

Candle wax yang tak sengaja mengenai taplak meja bisa meninggalkan noda. Untuk membersihkannya, terlebih dahulu dinginkan candle wax ini dengan es atau meletakkannya dalam freezer, sehingga wax mengeras. Setelah mengeras, kelupaslah wax tersebut. Biasanya, wax akan mudah terkelupas hanya dengan mengikisnya dengan jari.

Bagi Anda yang membutuhkan aneka bentuk yang terbuat dari kain linen, seperti sprei linen, sarung bantal dan guling linen, selimut linen, serbet linen, dsb www.spreijepang.com siap mensuplai kebutuhan linen Anda.

 

Untuk melakukan pemesanan produk www.spreilinen.com silakan hubungi kami di:
Alamat workshop: Perumda Belang Wetan no.35 Klaten Utara
SMS / WA : 0878 3697 8728
PIN BB : 53518EF2

Incoming search terms: